KEUTAMAAN BELAJAR & MEMBACA QUR'AN I BNQ 90%

Keutamaan Belajar & Membaca Al-Qur'an

Disusun oleh : 
BNQ  90% (Bisa Ngaji Quran)

Sungguh beruntung orang yang belajar dan membaca Al-Qur'an di dunia dan di akherat



Pahala Yang Besar & Mendapatkan Petunjuk Allah

“Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya..”
(QS. Al-Muzzammil [73] : 20)

“Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu´min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” 
(QS. Al-'Isra' [17] : 9)

"Tiga ayat yang seorang dari kalian membacanya dalam shalat, lebih baik dari tiga ekor onta yang besar dan gemuk." 
(Hadis shahih, HR. Muslim & Ibnu Majah)

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali.”
 (Hadis shahih, HR. Turmudzi)


Allah Jadi Saksi 

“Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. “
 (QS. Yunus [10] : 61)


Bertambahnya Ilmu dan Pengetahuan

“Janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al-Qur´an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan".” 
(QS. Taha [20] : 114)

“Ini adalah sebuah Kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.” 
(QS. Sad [38] : 29)


Menjalankan Perintah Agama

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.”
 (QS. Al-`Alaq [96] : 1)

“Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.”
(QS. Al-Qiyamah [75] : 18)

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.”
(QS. An-Nisa' [4] : 82)

“Bacalah Al -Quran itu dengan perlahan-lahan (tartil).”
(QS. Al-Muzzammil [73] : 4)

“Ibn Abbas ra berkata: Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak ada al-Qur’an sama sekali bagaikan rumah yang rusak." 
(Hadis hasan shahih, HR. Turmudzi)

“Abdullah ibn ‘Amru ra berkata: Rasulullah saw bersabda: Bacalah seluruh al-Qur’an dalam satu bulan. Abdullah bin Amru berkata: Saya bisa lebih cepat dari itu. Akhirnya Rasulullah saw bersabda: Kalau begitu bacalah dalam waktu seminggu, jangan lebih cepat dari itu.” 
(Hadis shahih HR. Muttafaq Alaih) 

“Dari Al-Bara’ bin ‘Azib ra, ia berkata ‘Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Perindahlah Al-Qur’an dengan suara kalian, sebab suara yang indah akan menambah keindahan Al-Qur’an.” 
(Hadis hasan, HR. Al-Hakim)


Menghadirkan Kedamaian, Karunia Allah, dan  Derajat Yang Tinggi

“Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah.”
(QS. 'Ali `Imran [3] : 164)

Abdullah ibn Umar ra berkata : Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : Tidak diperbolehkan hasud (iri hati) itu kecuali kepada dua golongan; Kepada orang-orang yang Allah berikan kepada mereka al-Qur’an dan mereka selalu membacanya ditengah malam, dan kepada orang-orang yang Allah berikan kepada mereka harta kemudian disedekahkannya siang dan malam. 
(Hadis shahih, HR. Muttafaq Alaih) 

Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah saw bersabda : Tidaklah sekelompok orang berkumpul di sebuah rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), mereka membaca al-Qur’an dan mempelajarinya, kecuali akan turun kepada mereka kedamaian, rahmat Allah pun akan menyelimuti mereka, malaikat-malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyebutkan nama mereka di hadapan mahluk-mahluk yang ada di sisi-Nya.
(Hadis shahih, HR. Muslim & Abu Daud)

"Perumpamaan orang mu’min yang membaca al-Qur’an bagaikan buah Utrujah, rasa buahnya enak dan baunya wangi. Dan perumpamaan orang mu’min yang tidak membaca al-Qur’an bagaikan buah Kurma, rasanya enak namun tidak berbau. Sedangkan perumpamaan orang munafik yang membaca al-Qur’an, bagaikan buah Raihanah, baunya enak namun rasanya pahit. Dan perumpaman orang munafik yang tidak membaca al-Qur’an, bagaikan buah Hanzalah, rasanya pahit tetapi tidak berbau.” 
(Hadis shahih, HR. Muttafaq Alaih)

“Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, dari Nabi SAW beliau bersabda bahwa Allah SWT berfirman, “Barangsiapa selalu membaca Al-Qur’an dan dzikir kepada-Ku sehingga ia tidak sempat memohon apa-apa kepada-Ku. Maka ia akan Ku beri anugerah yang paing baik, yang diberikan kepada orang-orang yang memohon kepada-Ku.” 
(Hadis hasan, HR. Turmudzi)


Allah Mudahkan Al-Quran Untuk Dipelajari

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, 
maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran.”
(QS. Al-Qamar [54] : 17)


Mendapatkan Syafaat (Pertolongan) Di Hari Pembalasan

“Abu Umamah al-Bahili ra berkata : Aku mendengar Rasulullah saw bersabda : Bacalah al-Qur’an karena ia akan memberikan syafa’at kepada para “sahabatnya”. 
(Hadis shahih, HR. Muslim)


Dan Masih Banyak Lagi Keutamaan Belajar & Membaca Qur'an... 


Pertanyaanya, 
Apakah Anda Mau Menjemput Karunia Al-Qur'an 
Atau Acuh Pada Qur'an Hingga Ajal Menghampiri? 

BNQ Privat Ngaji Qur'an : Semua Bisa Mengaji & Hafal Al-Qur'an
Call Center +62823 1999 4847


Wujudkan Anak Hafiz 30 Juz Bersanad & Kuliah Ke Luar Negeri

Wujudkan Anak Hafiz 30 Juz Bersanad & Kuliah Ke Luar Negeri
Klik Brosur Untuk Gabung Group WA PSB Santri Baru Anamfal 2023

Download Program Ngaji Qur'an untuk Karyawan, Profesional & Eksekutif

Download Program Ngaji Qur'an untuk Karyawan, Profesional & Eksekutif
Pendidikan Qur'an Dewasa Next Level

Testimoni Peserta Ngaji BNQ